PENGARUH METODE MENDONGENG TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI KECAMATAN JEBRES KOTA SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.55080/mjn.v2i2.352Keywords:
Metode Mendongeng, Keterampilan Menyimak, Anak Usia PrasekolahAbstract
Keterampilan menyimak merupakan keterampilan pertama dari perkembangan bahasa (Bourdeaud, et al., 2018). Menyimak bagi anak merupakan dasar untuk belajar bahasa maupun yang lainnya. Keterampilan menyimak merupakan keterampilan bahasa reseptif karena dalam keterampilan ini makna bahasa diperoleh dan diproses melalui simbol visual dan verbal. Ketika anak menyimak, mereka memahami bahasa berdasarkan konsep pengetahuan dan pengalaman mereka. Sehingga hal ini penting karena jika anak memiliki keterampilan menyimak yang baik maka anak akan lebih memahami apa yang dijelaskan oleh guru ataupun orang dewasa lainnya dan dengan mudah juga untuk menginterpretasikannya pada kehidupan sehari-hari. Pengembangan keterampilan menyimak pada anak usia prasekolah memerlukan metode yang tepat, salah satunya adalah metode mendongeng. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode mendongeng terhadap keterampilan menyimak pada anak usia prasekolah di Kecamatan Jebres Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain “One-Group Pretest-Posttest Design”. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan mengambil 30 sampel anak usia prasekolah di beberapa Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Jebres Surakarta. Data yang telah terkumpul akan dianalisis secara univariat dan bivariate. Hasil uji statistik Wilcoxon diperoleh nilai ⍴ sebesar 0,000 (nilai ⍴ < 0,05) yang artinya Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh metode mendongeng terhadap keterampilan menyimak pada anak usia prasekolah di Kecamatan Jebres Surakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wardatun Wardatun, Gunawan Gunawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.