PENGARUH SISTEM BELAJAR ONLINE TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SLB B PAWESTRI KARANGANYAR
Keywords:
Sistem Belajar Online, kemampuan belajarAbstract
Pendidikan adalah hidup. Pendidikan akan membawa bangsa dalam kemajuan. Dimasa pandemi covid 19, pendidikan disekolah sekolah tetap berlangsung. Pemerintah memberi kebijakan atau keputusan dengan menerapkan belajar online. Dimana sistem ini dilaksanakan dengan menggunakan berbagai media seperti WhatsApp dan Zoom. Semua sekolah menerapkan sistem belajar ini temasuk Sekolah Luar Biasa (SLB). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Sistem Belajar Oline Terhadapa Kemampuan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di SLB B Pawestri Karanganyar.Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian komparatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total sampling dengan 15 responden kelas 4,5,6, yang terdapat di SLB B Pawestri Karanganyar. Data yang terkempul kemudian dianalisis secara univariat, bivariat ( Chi Square) dan multivariat. Hasil analisis diperoleh nilai P sebesar 0,001 atau P < 0,05 sehingga terdapat hubungan signifikan antara sistem belajar online dan peningkatan kemampuan belajar anak berkebutuhan khusus (ABK). Lalu diketahui nilai P sebesar 0,26 atau P > 0,05 sehingga terdapat pengaruh linear sistem belajar online dan kemampuan belajar siswa. Sistem belajar online mempunyai pengaruh pada kemampuan belajar siswa, dilihat dari nilai rapot yang diakumulasi sehingga di peroleh peningkatan disetiap semesternya. Ini tidak terlepas dari peran orang tua selama dirumah.
Downloads
Published
Versions
- 2022-11-21 (2)
- 2022-11-14 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tesla Maghfira, Gunawan Gunawan, Kliwon Kliwon
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.