PENGARUH SISTEM BELAJAR ONLINE TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SLB B PAWESTRI KARANGANYAR

Authors

  • Tesla Maghfira
  • Gunawan Gunawan Politeknik Kesehatan Surakarta
  • Kliwon Kliwon Politeknik Kesehatan Surakarta

Keywords:

Sistem Belajar Online, kemampuan belajar

Abstract

Pendidikan adalah hidup. Pendidikan akan membawa bangsa dalam kemajuan. Dimasa pandemi covid 19, pendidikan disekolah sekolah tetap berlangsung. Pemerintah memberi kebijakan atau keputusan dengan menerapkan belajar online. Dimana sistem ini dilaksanakan dengan menggunakan berbagai media seperti WhatsApp dan Zoom. Semua sekolah menerapkan sistem belajar ini temasuk Sekolah Luar Biasa (SLB). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Sistem Belajar Oline Terhadapa Kemampuan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di SLB B Pawestri Karanganyar.Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian  komparatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total sampling dengan 15 responden kelas 4,5,6, yang terdapat di SLB B Pawestri Karanganyar. Data yang terkempul kemudian dianalisis secara univariat, bivariat    ( Chi Square) dan multivariat. Hasil analisis diperoleh nilai P sebesar 0,001 atau P < 0,05 sehingga terdapat hubungan signifikan antara sistem belajar online dan peningkatan kemampuan belajar anak berkebutuhan khusus (ABK). Lalu diketahui nilai P sebesar 0,26 atau P > 0,05 sehingga terdapat pengaruh linear sistem belajar online dan kemampuan belajar siswa. Sistem belajar online mempunyai pengaruh pada kemampuan belajar siswa, dilihat dari nilai rapot yang diakumulasi sehingga di peroleh peningkatan disetiap semesternya. Ini tidak terlepas dari peran orang tua selama dirumah.

Downloads

Published

2022-11-14 — Updated on 2022-11-21

Versions

How to Cite

Maghfira, T., Gunawan, G., & Kliwon, K. (2022). PENGARUH SISTEM BELAJAR ONLINE TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SLB B PAWESTRI KARANGANYAR. Medical Journal of Nusantara, 1(1), 20–25. Retrieved from http://tahtamedia.co.id/index.php/mjn/article/view/5 (Original work published November 14, 2022)