HUBUNGAN AKTIVITAS BAHASA IBU DENGAN KEMAMPUAN READING FLUENCY PADA ANAK DENGAN AUTISM SPECTRUM DISORDER DI SEKOLAH LUAR BIASA GENTARALAM KOTA PALEMBANG
Keywords:
Aktivitas Bahasa, Reading Fluency, Autism Spectrum DisorderAbstract
Seorang anak belajar untuk meniru, mengucap kata, dan berbahasa melalui seorang ibu (dan ayah), dari sini anak mulai belajar tentang membaca dan berkomunikasi. Aktivitas bahasa ibu memiliki kaitan dengan kefasihan membaca (reading fluency). Proses literasi pada anak akan berjalan dengan baik seiring dengan motivasi orangtua dalam meningkatkan interaksi dengan anak mereka dengan menggunakan sebuah media bacaan untuk meningkatkan kosakata anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara aktivitas bahasa ibu dengan kemampuan reading fluency pada anak dengan autism spectrum disorder. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan cross sectional design dan metode point time approach. Uji statistik yang dipakai adalah Spearman Rank dan jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 30 sampel. Penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara aktivitas bahasa ibu dengan kemampuan reading fluency pada anak dengan p sebesar 0.012 yang artinya bahwa Ha (hipotesis alternatif) diterima dan nilai koefisien korelasi (r) didapatkan hasil sebesar 0.455 (cukup). Maka dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi intensitas aktivitas bahasa yang dimiliki oleh seorang anak maka akan semakin tinggi peluang anak tersebut mempunyai perkembangan bahasa yang baik.
Downloads
Published
Versions
- 2022-11-10 (2)
- 2022-11-14 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ignasia Meilia Esaputri, Anggi Resina Putri, Gunawan Gunawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.