PENINGKATAN LUARAN PEMBELAJARAN UNTUK MENDUKUNG PUBLIKASI DOSEN DAN MAHASISWA

Authors

  • Muh Kurniawan BW Program Studi Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Institut Islam Mambaul Ulum Surakarta
  • Uswatun Khasanah Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Institut Islam Mambaul Ulum Surakarta
  • Septian Nur Ika Trisnawati Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Institut Islam Mambaul Ulum Surakarta
  • Viki Bayu Mahendra Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Institut Islam Mambaul Ulum Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.55080/jim.v2i1.74

Keywords:

Luaran; Pembelajaran; Publikasi

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan Pendidikan dan pelatihan tentang: 1) Membuat artikel 2) Membuat buku Monograf 3) Membuat e-HKI. Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan secara online dan diikuti oleh berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Metode PKM ini menggunakan tahapan perencanaan, tahapan perencanaan, tahapan pelatihan dan tahapan evaluasi.

Hasil dari PKM ini adalah tahap pelatihan pembuatan artikel setelah mengikuti pelatihan mengalami peningkatan. Kriteria baik sebanyak 91% dan kriteria cukup sebanyak 9%. Pemahaman peserta tentang pembuatan Buku Monograf setelah mengikuti pelatihan mengalami peningkatan. Kriteria baik sebanyak 85% dan kriteria cukup sebanyak 15%. pemahaman peserta tentang pelatihan submite e-hki setelah mengikuti pelatihan mengalami peningkatan. Kriteria baik sebanyak 58% kriteria cukup sebanyak 25%, kriteria kurang 17%. respon peserta baik setelah mengikuti pelatihan yaitu 89% merespon dengan baik sedangkan 11% merespon cukup. Pelaksanaan pelatihan ini membuat semua peserta memiliki pemahaman pentingnya peningkatan luaran bagi Dosen dan Mahasiswa sebagai pelaksana tridharma perguruan tinggi.

Downloads

Published

2023-03-01

How to Cite

Muh Kurniawan BW, Khasanah, U., Septian Nur Ika Trisnawati, & Viki Bayu Mahendra. (2023). PENINGKATAN LUARAN PEMBELAJARAN UNTUK MENDUKUNG PUBLIKASI DOSEN DAN MAHASISWA. Jurnal Indonesia Mengabdi, 2(1), 8–15. https://doi.org/10.55080/jim.v2i1.74