SISTEM EVALUASI PENDIDIKAN MI/SD

Authors

  • Alfian Hidayatulloh
  • Alfina Rona Apriliana
  • Alfira Ratna Anggraini
  • Fadhilah Nur Aisyah
  • Fajar Abdul Aziz
  • Fatihah Ummu Azzahro
  • Fitriyani Nur Khasanah
  • Intan Nuraini
  • Laila Luthfi Maghfiroh
  • Latifah Khoirul Hasanah
  • Luthfiya Aslam Azzahra
  • Malik Fajar
  • Mariska Ardiana
  • Marshanda Tasya Kamila
  • Munawati Rosidah
  • Natasya Alya Rahma
  • Nindyta Meliya Putri
  • Niswatun Mufidah
  • Rahma Ulfia Fauziah
  • Safa Salwa Salsabila
  • Wardatus Sholikhati Supriyanti
  • Ulli Nurul Purnama
  • Annafi Nurul Ilmi Azizah

Keywords:

SISTEM, EVALUASI, PENDIDIKAN

Abstract

Evaluasi pendidikan merupakan bagian penting dari proses pembelajaran yang bertujuan untuk mengukur keberhasilan dan efektivitas proses pembelajaran di lembaga pendidikan. Pada tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD), sistem evaluasi menjadi krusial dalam memastikan bahwa tujuan pendidikan nasional tercapai dengan baik. Evaluasi ini tidak hanya mencakup aspek akademis, tetapi juga pengembangan karakter, keterampilan sosial, dan nilai-nilai moral yang diajarkan di sekolah.

Sistem evaluasi pendidikan di MI/SD dirancang untuk memberikan umpan balik yang konstruktif bagi para siswa, guru, dan orang tua. Umpan balik ini berguna untuk meningkatkan proses pembelajaran, mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan siswa, serta merumuskan strategi pembelajaran yang lebih efektif. Evaluasi yang komprehensif juga memungkinkan guru untuk mengembangkan metode pengajaran yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan siswa.

Pentingnya sistem evaluasi yang efektif di MI/SD tidak dapat diabaikan, karena pada tingkat ini siswa berada pada fase awal pengembangan diri. Evaluasi yang baik akan membantu siswa untuk memahami kemampuan mereka, memotivasi mereka untuk belajar lebih giat, dan mengarahkan mereka menuju pencapaian akademis dan pribadi yang optimal. Selain itu, evaluasi yang tepat juga membantu dalam menjaga standar pendidikan dan memastikan bahwa pendidikan yang diberikan sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Oleh karena itu, pengembangan dan implementasi sistem evaluasi yang holistik dan berkelanjutan di MI/SD menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah, sekolah, guru, dan orang tua. Dengan adanya sistem evaluasi yang efektif, diharapkan dapat tercipta generasi muda yang cerdas, berkarakter, dan siap menghadapi tantangan di masa depan.

Editor: Annafi’ Nurul ‘Ilmi Azizah, M.Pd.

QRCBN: 62-415-7948-093

Downloads

Published

2024-07-27

How to Cite

Hidayatulloh, A., Rona Apriliana, A., Ratna Anggraini, A., Nur Aisyah, F., Abdul Aziz, F., Ummu Azzahro, F., Nur Khasanah, F., Nuraini , I., Luthfi Maghfiroh, L., Khoirul Hasanah, L., Aslam Azzahra, L., Fajar, M., Ardiana, M., Tasya Kamila, M., Rosidah, M., Alya Rahma, N., Meliya Putri, N., Mufidah, N., Ulfia Fauziah , R., Salwa Salsabila, S., Sholikhati Supriyanti, W., Nurul Purnama, U., & Nurul Ilmi Azizah, A. (2024). SISTEM EVALUASI PENDIDIKAN MI/SD . Penerbit Tahta Media. Retrieved from https://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/931

Issue

Section

Katalog Buku