PENGANTAR PENDIDIKAN INDONESIA: ARAH BARU DALAM MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA
Keywords:
Pendidikan, PPP, Profil Pelajar PancasilaAbstract
Profil Pelajar Pancasila ini dicetuskan sebagai pedoman untuk pendidikan Indonesia. Tidak hanya untuk kebijakan pendidikan di tingkat nasional saja, akan tetapi diharapkan juga menjadi pegangan untuk para pendidik, dalam membangun karakter anak di ruang belajar yang lebih kecil. Pelajar Pancasila disini berarti pelajar sepanjang hayat yang kompeten dan memiliki karakter sesuai nilai-nilai Pancasila. Pelajar yang memiliki profil ini adalah pelajar yang terbangun utuh keenam dimensi pembentuknya, yang meliputi (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia; (2) mandiri; (3) bergotong-royong; (4) berkebhinnekaan global; (5) bernalar kritis; dan (6) kreatif. Keenam dimensi ini perlu dilihat sebagai satu buah kesatuan yang tidak terpisahkan. Apabila satu dimensi ditiadakan, maka profil ini akan menjadi tidak bermakna.
ISBN: 978-623-5981-00-0

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Hasan, Tuti Khairani Harahap, Mainuddin, Septian Nur Ika Trisnawati, Nuraisyiah, haj Hamzah, Alfonso Munte, Lasmaria Nami Simanungkalit, Sofyan, Lukman Hakim, Nurjannah, Syahrial Hasibuan, Umar, Nur Arisah, Nelson Suryadi Hasibuan, tut Supatminingsih, Asti Triasih, Fajriani Aziz, Shofia Nurun Alanur, Badroh Rif’ati, Akhmad Shodik, Nahriana, Muhammad Aziz, Muhammad Ilyas Thamrin Tahir, Muhammad Ilyas Thamrin Tahir, Wahyu Marningsih, Atirah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.