MELATIH KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI (TEORI DAN PRAKTIK)
Keywords:
MELATIH, MOTORIK, ANAKAbstract
Perkembangan fisik motorik merupakan perkembangan pengendalian gerakan jasmaniah melalui kegiatan pusat saraf, urat saraf, dan otot yang terorganisir. Pemberian stimulus untuk anak pada aspek fisik motorik akan berdampak baik pada aspek-aspek lainnya. Mengingat pentingnya hal tersebut, dalam buku ini penulis membahas tentang stimulasi perkembangan fisik motorik anak usia dini dan stimulasi tersebut sudah di praktikkan oleh anak-anak PAUD beberapa lembaga di Solo raya yaitu kegiatan motorik kasar dan motorik halus.
Guru dan orang tua dapat menstimulus perkembangan motorik anak dengan menggunakan berbagai ragam permainan yang menyenangkan. Kegiatan motorik kasar bisa dilakukan seperti senam, bermain bola, bermain sepeda, berenang, outbound, dan sebagainya. Sedangkan untuk mengembangkan motorik halus pada anak, Guru maupun orang tua juga bisa mengajak anak untuk melukis, menganyam, meronce, bermain playdough, mengecap, finger painting, menggunting, melipat dan sebagainya.
Buku ini sengaja ditulis dengan pemaparan yang sederhana dan didedikasikan kepada seluruh lapisan masyarakat, terutama mahasiswa PIAUD, guru dan orang tua. Penulis berharap selain menambah wawasan keilmuan mahasiswa tentang perkembangan fisik motorik anak usia dini juga supaya dapat memotivasi masyarakat umum untuk bijak dalam menstimulus tumbuh kembang anak serta memotivasi mahasiswa untuk terus semangat berkarya.
QRCBN: 62-415-3695-571

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Annafi Nurul Ilmi Azizah , Afida Cholisa Nadhifa, Luqmanah Hakim et al

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.