POTRET IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR
Keywords:
POTRET, KURIKULUM, IMPLEMENTASIAbstract
Kurikulum merupakan perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Kebijakan baru yang dicetuskan Mendikbud Nadiem Makarim ketika masa awal jabatannya menimbulkan persepsi di semua kalangan masyarakat terkhusus bidang pendidikan. Untuk mengetahui pandangan guru PAI tentang konsep Merdeka Belajar Mendikbud tersebut. Merdeka Belajar adalah kemerdekaan berpikir, yang berawal dan berakhir dari guru, beliau mengajak elemen pendidikan untuk berperan serta memajukan pendidikan di Indonesia. Praktek pembelajaran merdeka belajar lebih sederhana dan mendalam serta focus pada materi yang essensial, sehingga belajar dapat lebih mendalam dan tidak sekedarnya saja.
Dalam pembelajaran soarang guru dapat memiliki keleluasaan yang lebih untuk menentukan perangkat belajar sehingga mampu menyeseuaikan dengan kebutuhan proses pembelajaran dan minat atau keinginan peserta didik. Implentasi kurikulum merdeka belajar belum terlaksana pada tahun ajar 2022 dikarenakan masih kurnganya persiapan dan pemhaman guru secara merata, hanya saja para guru sering mengikikuti pelatihan dan sosialisasi kurikulum merdeka belajar baik yang diadakan kementrian atau yang di buat oleh lembaga terkait. Namun direncanakan pada tahun ajar 2023 kurikulum merdeka belajar harus sudah di implementasikan.
ISBN: 978-623-147-055-3

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Bahtiar Siregar, Tumiran, Nurrayza, Vinita Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.