MICRO TEACHING PERSPEKTIF KURIKULUM CINTA
Keywords:
MICRO TEACHING, KURIKULUM, CINTAAbstract
Buku ini berangkat dari kebutuhan mendalam akan pendidikan yang berlandaskan cinta dan kasih sayang dalam konteks pendidikan Islam. Kurikulum Cinta menjadi pendekatan inovatif yang menempatkan nilai-nilai Islami, terutama cinta, sebagai fondasi utama dalam proses pembelajaran. Tujuan utama buku ini adalah memberikan panduan praktis dan teoritis bagi mahasiswa mata kuliah Micro Teaching agar mampu mengintegrasikan nilai-nilai cinta dalam setiap aspek pengajaran. Arti dari micro teaching sendiri merupakan pembelajaran dengan cara menyederhanakan atau segalanya dikecilkan. Dengan kata lain micro teaching dirumuskan sebagai pengajaran dalam skala kecil yang dirancang untuk mengembangkan beberapa keterampilan mengajar dengan jalan memfokuskan beberapa komponen dari proses pengajaran sehingga calon guru dapat menguasai keterampilan dalam situasi mengajar yang disederhanakan, hal itu merupakan salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta sikap professional seorang guru.
Secara umum tujuan Micro Teaching adalah mempersiapkan mahasiswa calon guru agar memiliki pengetahuan, keterampilan, kecakapan dan sikap sebagai guru yang professional serta terampil dibidang ilmu keguruan. Mahasiswa sebagai calon guru dalam melaksanakan praktik mengajar umumnya masih lemah baik dalam bidang penguasaan materi maupun penampilan didepan kelas, oleh karena itu maka perlu diadakan suatu latihan khusus. Adapun tujuan khusus micro teaching diantaranya diantaranya menganalisis tingkah laku mengajar teman sejawat dan dirinya sendiri, mempraktikkan berbagai teknik mengajar dengan benar dan tepat, mewujudkan situasi belajar-mengajar yang efektif dan efisien, Feed back dengan teman sejawat.
Sedangkan Tujuan Operasional micro teaching adalah Mengembangkan kemampuan diri untuk mawas diri dan menilai orang lain, memungkinkan adanya perbaikan dalam waktu singkat, menanamkan rasa percaya diri sendiri dan sifat terbuka dari kritik orang lain, mengembangkan sikap kritis mahasiswa,menanamkan kesadaran akan nilai keterampilan mengajar dan komponen-komponenya, menyiapkan bekal mahasiswa dalam menghadapi praktek keguruan dan memecahkan kesulitan dalam mengajar, mengenal kelemahan-kelemahan dan kekeliruan- kekeliruan pada saat mengajar. Buku ini juga akan memberikan gambaran tantang bagaiman seorang guru menyusun Silabus dan Rencana Proses Pembelajaran yang baik sesuai dengan aturan yang berlaku.
ISBN : 978-623-147-980-8
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mukhlis Fathurrohman, Ngatmin Abbas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

