FILSAFAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Keywords:
Filsafat Pendidikan, PAI, Agama IslamAbstract
Buku ini disusun untuk mengenal filsafat khususnya filsafat pendidikan agama Islam, yang pembahasannya dimulai dari latar belakang Filsafat Pendidikan Agama Islam, Ruang Lingkup, kedudukan, tujuan, metode, faedah dan implementasinya. Kemudian kegunaan Filsafat PAI, hikmah, hakikat, hubungannya dengan filsafat ilmu. Lalu membahas Filsafat Spiritualisme Kuno, Perkembangannya, dan Filsafat Pendidikan Menurut Socrates, Plato, Aristoteles. Selanjutnya Konsepsi Islam dalam Filsafat dan Filsafat Pendidikan Agama Islam, tujuannya, manfaat dan materinya. Selanjutnya Konsep Kebenaran Ontologis , epistemologis dan aksiologis dalam Filsafat Pendidikan Agama Islam. Keragaman Kebenaran dalam Filsafat Pendidikan Agama Islam dan Macam-macam Kebenaran dalam Filsafat Pendidikan Agama Islam. Konsep Emanasi Al Farabi. Konsep manusia, hakikatnya,
kedudukan, peran, dan fungsinya. Pandangan Filsafat tentang Pendidikan Agama Islam, kedudukan, peran, fungsi dan pengaruhnya. Pandangan Filsafat tentang Aliran Progresivisme peran dan fungsi, tokoh-tokohnya dan tujuan pendidikannya. Demikian pula aliran esensialisme, perennialisme, dan rekonstruksionisme. Filsafat Pendidikan Agama Islam sebagai sebuah ilmu,
Tujuan Pendidikan dalam Filsafat Pendidikan Agama Islam, Pendidik, Peserta Didik, dan Kurikulum. Pemikiran Filsafat Pendidikan Agama Islam menurut Imam Al Ghazali. Konsep Pendidikan Menurut Islam yakni Konsep Tarbiyah, taklim dan ta’dib dalam Islam. Selanjutnya Falsafah Madrasah sebagai Lembaga Pendidikan Islam, Hakikatnya, Landasan Idealnya, desainnya dan pengaruhnya terhadap Madrasah sebagai Lembaga Pendidikan Islam. Kemudian Eksistensi Perguruan Tinggi Islam di Indonesia, Landasan Idealnya, tujuannya, macam-macamnya dan Kebijakan Pemerintah terhadap Eksistensi Perguruan Tinggi Islam di Indonesia. Filsafat Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatan Sumber Daya Manusia yakni pengembangan dari aspek pendidik, peserta didik, pemimpin, dan tenaga kependidikan. Falsafah Pondok Pesantren sebagai Lembaga Pendidikan Islam, Hakikatnya, landasan
idealnya sampai model pengembangannya.
ISBN: 978-623-147-920-4
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zulkifli Musthan, Sarjaniah Zur

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

