FILSAFAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Zulkifli Musthan
  • Sarjaniah Zur

Keywords:

Filsafat Pendidikan, PAI, Agama Islam

Abstract

Buku ini disusun untuk mengenal filsafat khususnya filsafat pendidikan agama Islam, yang pembahasannya dimulai dari latar belakang Filsafat Pendidikan Agama Islam, Ruang Lingkup, kedudukan, tujuan, metode, faedah dan implementasinya. Kemudian kegunaan Filsafat PAI, hikmah, hakikat, hubungannya dengan filsafat ilmu. Lalu membahas Filsafat Spiritualisme Kuno, Perkembangannya, dan Filsafat Pendidikan Menurut Socrates, Plato, Aristoteles. Selanjutnya Konsepsi Islam dalam Filsafat dan Filsafat Pendidikan Agama Islam, tujuannya, manfaat dan materinya. Selanjutnya Konsep Kebenaran Ontologis , epistemologis dan aksiologis dalam Filsafat Pendidikan Agama Islam. Keragaman Kebenaran dalam Filsafat Pendidikan Agama Islam dan Macam-macam Kebenaran dalam Filsafat Pendidikan Agama Islam. Konsep Emanasi Al Farabi. Konsep manusia, hakikatnya,
kedudukan, peran, dan fungsinya. Pandangan Filsafat tentang Pendidikan Agama Islam, kedudukan, peran, fungsi dan pengaruhnya. Pandangan Filsafat tentang Aliran Progresivisme peran dan fungsi, tokoh-tokohnya dan tujuan pendidikannya. Demikian pula aliran esensialisme, perennialisme, dan rekonstruksionisme. Filsafat Pendidikan Agama Islam sebagai sebuah ilmu,
Tujuan Pendidikan dalam Filsafat Pendidikan Agama Islam, Pendidik, Peserta Didik, dan Kurikulum. Pemikiran Filsafat Pendidikan Agama Islam menurut Imam Al Ghazali. Konsep Pendidikan Menurut Islam yakni Konsep Tarbiyah, taklim dan ta’dib dalam Islam. Selanjutnya Falsafah Madrasah sebagai Lembaga Pendidikan Islam, Hakikatnya, Landasan Idealnya, desainnya dan pengaruhnya terhadap Madrasah sebagai Lembaga Pendidikan Islam. Kemudian Eksistensi Perguruan Tinggi Islam di Indonesia, Landasan Idealnya, tujuannya, macam-macamnya dan Kebijakan Pemerintah terhadap Eksistensi Perguruan Tinggi Islam di Indonesia. Filsafat Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatan Sumber Daya Manusia yakni pengembangan dari aspek pendidik, peserta didik, pemimpin, dan tenaga kependidikan. Falsafah Pondok Pesantren sebagai Lembaga Pendidikan Islam, Hakikatnya, landasan
idealnya sampai model pengembangannya.

ISBN: 978-623-147-920-4

Downloads

Published

2025-07-08

How to Cite

Musthan, . Z., & Zur, S. (2025). FILSAFAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM . Penerbit Tahta Media. Retrieved from https://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/1533

Issue

Section

Katalog Buku