TEKNIK DAN METODE SENI PERAN UNTUK ANAK USIA DINI

Authors

  • Annafi Nurul Ilmi Azizah
  • Tri Utami
  • Afifah Fadhilah Surya Ananda
  • Amelya Puspita Rahmadani
  • Anisatur Rofi'ah
  • Anjar Fitrianti
  • Arina Makarima Zulfa
  • Aurelia Keisha Asha Wijaya
  • Al Mardita
  • Destria Choirun Nisa
  • Dewi Andini Nurhayati
  • Dwi Ayu Aprilianingrum Santoso
  • Fatwa Naila Salsabila
  • Firkha Nailil Muna
  • Hanifah Adya Tsabitha
  • Karina Erna Ramadhani
  • Khofifah Aulia
  • Luthfi Haniifah Aghaariid
  • Marfuah Amarwati
  • Marzuqoh Nabilah Firyal
  • Muti'ah Muti'ah
  • Nadya Eka Maharani
  • Nayla Jasmine Al-Fara
  • Nova Ramadhania Kusherawati
  • Nuke Intan Berliana Febrianti
  • Nurvita Fajriati
  • Pinkan Tradya Alifvia
  • Rahma Widia Wati
  • Revalya Ananta Zahra
  • Rochdiyah Kurnia Salma
  • Saffa Maharani
  • Salma Sakina
  • Sindi Aulia
  • Syafi Widiya Pratama
  • Vitaria Aqatha

Keywords:

TEKNIK, METODE, SENI

Abstract

Buku "Teknik dan Metode Seni Peran Anak Usia Dini" membahas secara mendalam bagaimana seni peran dapat menjadi sarana efektif dalam mengembangkan potensi anak sejak usia dini. Penulis menyajikan pendekatan yang disesuaikan dengan tahap perkembangan anak, baik dari segi kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Seni peran tidak hanya dianggap sebagai hiburan semata, tetapi juga sebagai alat pembelajaran yang mampu menumbuhkan kreativitas, empati, dan rasa percaya diri anak.

Di dalam buku ini, dijelaskan berbagai metode pembelajaran seni peran yang aplikatif dan mudah diterapkan, seperti bermain peran berdasarkan cerita, improvisasi sederhana, ekspresi emosi melalui gerak dan suara, serta permainan-permainan edukatif yang mengasah imajinasi anak. Semua metode disusun dengan memperhatikan kebutuhan belajar anak dan mengutamakan pendekatan yang menyenangkan.

Penulis juga menekankan pentingnya lingkungan yang suportif, termasuk peran guru, orang tua, dan teman sebaya dalam proses bermain peran. Lingkungan yang aman dan menghargai ekspresi anak memungkinkan mereka bebas mengeksplorasi karakter dan situasi, sehingga proses belajar berlangsung secara alami dan menyenangkan. Ini menjadi dasar dalam membangun kepercayaan diri dan kemampuan sosial anak.

Selain menyajikan teori dan prinsip pendidikan anak usia dini, buku ini dilengkapi dengan contoh-contoh kegiatan seni peran yang bisa langsung diterapkan di kelas atau di rumah. Contoh tersebut memudahkan para pendidik maupun orang tua dalam memahami dan mengadaptasi metode sesuai kebutuhan masing-masing anak. Buku ini juga memberikan panduan evaluasi perkembangan anak dalam konteks seni peran secara sederhana namun efektif. Buku ini memberikan wawasan baru bahwa melalui seni peran, anak-anak tidak hanya belajar tampil di depan umum, tetapi juga belajar mengenali diri, memahami orang lain, dan berani berekspresi sejak dini.

QRCBN : 62-415-7984-621

Editor: Annafi’ Nurul ‘Ilmi Azizah, S.Pd., M.Pd.

Downloads

Published

2025-05-27

How to Cite

Azizah , A. N. I., Utami, T., Ananda, A. F. S., Rahmadani, A. P., Rofi’ah, A., Fitrianti, A., Zulfa, A. M., Wijaya, A. K. A., Mardita, A., Nisa, D. C., Nurhayati, D. A., Santoso, D. A. A., Salsabila, F. N., Muna, F. N., Tsabitha, H. A., Ramadhani, K. E., Aulia, K., Aghaariid, L. H., Amarwati, M., Firyal, M. N., Muti’ah, M., Maharani, N. E., Al-Fara, N. J., Kusherawati , N. R., Febrianti, N. I. B., Fajriati, N., Alifvia, P. T., Wati, R. W., Zahra, R. A., Salma, R. K., Maharani, S., Sakina, S., Aulia, S., Pratama, S. W., & Aqatha, V. (2025). TEKNIK DAN METODE SENI PERAN UNTUK ANAK USIA DINI . Penerbit Tahta Media. Retrieved from https://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/1439

Issue

Section

Katalog Buku