PERENCANAAN PENDIDIKAN: DARI LANDASAN KONSEPTUAL KE IMPLEMENTASI SEKOLAH

Authors

  • Septian Nur Ika Trisnawati

Keywords:

Perencanaan Pendidikan, Landasan Konseptual, Implementasi

Abstract

Buku ini lahir dari sebuah kepedulian yang mendalam terhadap pentingnya membangun sistem pendidikan yang tidak hanya responsif terhadap perubahan, tetapi juga kokoh bertumpu pada fondasi ilmiah yang kuat. Dalam dunia pendidikan, perencanaan sering kali dipandang sebatas kebutuhan administratif rutin. Namun melalui buku ini, penulis mengajak kita untuk melihat perencanaan pendidikan sebagai jantung strategi, sebagai napas yang menentukan arah, kualitas, dan masa depan generasi bangsa. Buku ini membentangkan pemikiran konseptual, analitis, dan aplikatif mengenai perencanaan pendidikan, mulai dari teori-teori klasik hingga aplikasi konkret pada berbagai jenjang pendidikan, dari PAUD hingga pendidikan menengah kejuruan. Bahasa yang disajikan dalam buku ini lugas namun tetap bernuansa akademik. Sistematika penyusunan yang rapi, pembahasan yang utuh mulai dari dasar teoretis hingga implementasi praktis, menjadikan buku ini relevan untuk dijadikan referensi utama dalam pembelajaran formal di perguruan tinggi, serta panduan praktis bagi praktisi pendidikan di lapangan. Saya memandang, kehadiran buku ini bukan hanya memperkaya literatur pendidikan, tetapi juga mempertegas komitmen kita bersama bahwa pendidikan memerlukan perencanaan yang terukur, terarah, dan berlandaskan analisis yang cermat. Sebuah pendidikan yang baik tidak mungkin lahir dari kebetulan, melainkan dari proses perencanaan yang matang dan penuh kesadaran.

Editor: Dr. Uswatun Khasanah, M.Pd.I., CPHCEP

ISBN: 978-623-147-833-7

Downloads

Published

2025-05-08

How to Cite

Trisnawati, S. N. I. (2025). PERENCANAAN PENDIDIKAN: DARI LANDASAN KONSEPTUAL KE IMPLEMENTASI SEKOLAH. Penerbit Tahta Media. Retrieved from https://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/1400

Issue

Section

Katalog Buku