INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR
Keywords:
INTERAKSI, BELAJAR, MENGAJARAbstract
Buku Interaksi Belajar Mengajar adalah panduan komprehensif yang menyajikan konsep, teori, dan aplikasi interaksi dalam proses pembelajaran dengan cara yang menarik dan mudah dipahami. Dengan fokus pada bagaimana komunikasi antara guru dan siswa dapat meningkatkan hasil belajar, buku ini menawarkan wawasan mendalam mengenai pentingnya interaksi yang efektif dalam kelas. Mulai dari pemahaman dasar tentang interaksi, prinsip-prinsip komunikasi, hingga tantangan yang dihadapi dalam meningkatkan kualitas interaksi, buku ini memberikan solusi konkret untuk para pendidik yang ingin menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan produktif.
Dalam bab-bab selanjutnya, buku ini membawa Anda untuk menggali konsep dasar komunikasi dalam pembelajaran, serta bagaimana model-model komunikasi yang digunakan dalam pendidikan dapat memperkaya pengalaman belajar siswa. Pembaca juga akan menemukan bagaimana teknologi, sebagai alat bantu digital yang berkembang pesat, memainkan peran penting dalam memfasilitasi interaksi yang lebih baik antara guru dan siswa, serta meningkatkan kualitas komunikasi dalam kelas yang semakin multikultural.
Buku ini juga tidak hanya menyajikan teori-teori dasar pembelajaran seperti konstruktivisme, behaviorisme, humanisme, dan teori sosial, tetapi juga menghubungkannya dengan praktik nyata yang relevan dalam pengajaran sehari-hari. Dengan fokus pada pembelajaran aktif, kolaboratif, dan penggunaan teori komunikasi modern, buku ini membantu pendidik untuk memaksimalkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa di era digital ini.
Tidak ketinggalan, buku ini juga membahas dengan rinci bagaimana motivasi mempengaruhi kinerja belajar siswa, serta bagaimana pendekatan diferensiasi dalam pengajaran dapat meningkatkan hasil belajar dengan cara yang lebih personal dan terarah. Berbagai pendekatan pembelajaran efektif seperti Problem-Based Learning (PBL) dan Project-Based Learning (PBL) akan memandu Anda dalam merancang pengalaman belajar yang lebih mendalam dan kolaboratif.
Dengan bab yang mengupas keterampilan penting dalam pengajaran, seperti public speaking dan pengelolaan kelas yang efektif, serta teknik pengajaran praktis seperti microteaching, buku ini memberikan panduan yang sangat berguna bagi pendidik profesional. Anda juga akan dipandu dalam memahami bagaimana evaluasi yang baik, baik formatif maupun sumatif, dapat meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan.
Jika Anda seorang pendidik yang ingin memperdalam pemahaman tentang bagaimana meningkatkan interaksi dalam kelas dan menciptakan pengalaman belajar yang lebih efektif, buku ini adalah referensi yang tepat untuk membantu Anda merancang pembelajaran yang inklusif, inovatif, dan penuh inspirasi. Temukan cara untuk mengoptimalkan keterampilan mengajar Anda dan mencapai hasil pembelajaran yang lebih baik dengan pendekatan-pendekatan yang telah terbukti efektif dalam buku ini
ISBN : 978-623-147-812-2
Editor:
Nurul Fadilah Aswar, S.E., M.M.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Indah Atifah Anwar, Hasmyati Hasmyati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.