MODEL PEMBELAJARAN STEAM PROJECT-BASED LEARNING (STEAM-PjBL)
Keywords:
PEMBELAJARAN, STEAM, PjBLAbstract
Buku Model Pembelajaran STEAM Project-Based Learning (STEAM-PjBL) menghadirkan pendekatan inovatif dalam dunia pendidikan yang menggabungkan integrasi lintas disiplin ilmu dengan pengalaman belajar berbasis proyek. Pendekatan ini bertujuan memberikan pengalaman pembelajaran yang mendalam, relevan, dan bermakna bagi peserta didik, sekaligus mempersiapkan mereka menghadapi tantangan dunia nyata.
Dalam pembelajaran STEAM, integrasi lintas disiplin menjadi landasan utama. Science, Technology, Engineering, Art, dan Mathematics disatukan dalam sebuah kerangka yang memungkinkan peserta didik memahami hubungan antarkonsep, serta menerapkannya pada situasi dunia nyata. Pendekatan lintas disiplin ini memicu proses transformasi dan integrasi pengetahuan, sehingga peserta didik mampu memahami konteks baru dengan lebih baik.
Sementara itu, pembelajaran berbasis proyek (PjBL) memberikan ruang bagi peserta didik untuk terlibat dalam proyek-proyek autentik yang menantang. Mereka diajak menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam konteks praktis, sehingga tidak hanya memperdalam pemahaman konseptual tetapi juga mengasah keterampilan abad ke-21, seperti pemecahan masalah, kolaborasi, dan komunikasi.
Buku ini tidak hanya memberikan landasan teoritis tetapi juga panduan praktis bagi pendidik dalam merancang dan mengimplementasikan model pembelajaran STEAM-PjBL. Dengan demikian, buku ini menjadi referensi penting bagi pendidik, peneliti, maupun praktisi pendidikan yang ingin mendorong terciptanya pengalaman belajar yang integratif dan transformatif.
ISBN : 978-623-147-722-4

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Nasir , Mohamad Khairi Bin Haji Othman, Luvia Ranggi Nastiti, Jhelang Annovasho

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.