MEMBANGUN STRATEGI EVALUASI DAN PERBAIKAN YANG EFEKTIF UNTUK PROYEK INOVASI BISNIS DIGITAL PADA UMKM WARUNG MAKAN SUKABUMI
Keywords:
STRATEGI, BISNIS, WARUNGAbstract
Seiring dengan kemajuan dan perkembangan zaman, Indonesia menyaksikan peningkatan jumlah usaha kecil dan menengah, yang dikenal sebagai usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Badan ekonomi produktif ini dimiliki oleh perorangan atau pengusaha sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008. Jenis UMKM bervariasi, mencakup perusahaan makanan, fashion, kerajinan tangan, otomotif, hingga agrobisnis, dan memainkan peran kunci dalam perekonomian Indonesia.
Hampir semua badan usaha di Indonesia adalah UMKM, dengan tingkat pertumbuhan ekonomi mencapai 2-4% per tahun.
UMKM mencakup 99% dari seluruh badan usaha di Indonesia dan memiliki kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi, mencapai pangsa 60,5% terhadap produk nasional bruto dan menyerap 96,9% tenaga kerja nasional. Selama krisis ekonomi tahun 1997 dan 1998, UMKM sebagai sektor riil memberikan dukungan signifikan terhadap perekonomian Indonesia. Keberhasilan UMKM turut diukur oleh kemampuannya memenangkan hati dan pikiran pelanggan, serta fokus pada kualitas unik produknya.
Editor: Assoc Prof Dr. Gustian Djuanda, S.E., M.M
QRCBN: 62-415-1482-413
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Amalia Chasanah, Sirrie Bariqoh, Yarman Hia, Dana Budiman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.