MEMBANGUN STRATEGI EVALUASI DAN PERBAIKAN YANG EFEKTIF UNTUK PROYEK INOVASI BISNIS DIGITAL PADA UMKM WARUNG MAKAN SUKABUMI

Authors

  • Amalia Chasanah
  • Sirrie Bariqoh
  • Yarman Hia
  • Dana Budiman

Keywords:

STRATEGI, BISNIS, WARUNG

Abstract

Seiring dengan kemajuan dan perkembangan zaman, Indonesia menyaksikan peningkatan jumlah usaha kecil dan menengah, yang dikenal sebagai usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Badan ekonomi produktif ini dimiliki oleh perorangan atau pengusaha sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008. Jenis UMKM bervariasi, mencakup perusahaan makanan, fashion, kerajinan tangan, otomotif, hingga agrobisnis, dan memainkan peran kunci dalam perekonomian Indonesia.
Hampir semua badan usaha di Indonesia adalah UMKM, dengan tingkat pertumbuhan ekonomi mencapai 2-4% per tahun.

UMKM mencakup 99% dari seluruh badan usaha di Indonesia dan memiliki kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi, mencapai pangsa 60,5% terhadap produk nasional bruto dan menyerap 96,9% tenaga kerja nasional. Selama krisis ekonomi tahun 1997 dan 1998, UMKM sebagai sektor riil memberikan dukungan signifikan terhadap perekonomian Indonesia. Keberhasilan UMKM turut diukur oleh kemampuannya memenangkan hati dan pikiran pelanggan, serta fokus pada kualitas unik produknya.

Editor: Assoc Prof Dr. Gustian Djuanda, S.E., M.M

QRCBN: 62-415-1482-413

Downloads

Published

2024-02-03

How to Cite

Chasanah, A., Bariqoh, S., Hia, Y., & Budiman, D. (2024). MEMBANGUN STRATEGI EVALUASI DAN PERBAIKAN YANG EFEKTIF UNTUK PROYEK INOVASI BISNIS DIGITAL PADA UMKM WARUNG MAKAN SUKABUMI. Penerbit Tahta Media. Retrieved from http://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/639

Issue

Section

Katalog Buku