MODEL PEMBELAJARAN GISTEM Guided Inquiry Science, Technology, Engineering, And Mathematics Dalam Pembelajaran Fisika

Authors

  • Muhammad Nasir
  • Cari
  • Widha Sunarno
  • Fitria Rahmawati

Keywords:

PEMBELAJARAN, GISTEM, Fisika

Abstract

Model pembelajaran GISTEM merupakan model pembelajaran yang dikonstruksi dari model pembelajaran guided inquiry dan pendekatan STEM. Sintak guided inquiry pada GISTEM merupakan hasil sintesis dari sintak guided inquiry design dan process-oriented guided inquiry activities. Sintak baru hasil sintesis kompatibel dengan pendekatan STEM. Sintak model pembelajaran GISTEM adalah orientasi, eksplorasi, menalar, mencipta, dan mengkomunikasikan.

Disiplin STEM pada model pembelajaran GISTEM diintegrasikan secara tertanam (embedded). Pola tertanam pada model pembelajaran GISTEM ini adalah menjadikan materi materi sains sebagai materi basis pembelajaran. Disiplin technology sebagai konteks elaborasi konsep dan sistem peningkatan efektivitas pembelajaran. Disiplin engineering sebagai implementasi konsep dalam proses desain pemecahan masalah terstruktur. Disiplin mathematics sebagai alat bantu untuk merepresentasikan persamaan maatematis dan teknik analisis data dalam proses desain pemecahan masalah terstruktur.

Karakteristik pembelajaran GISTEM yaitu (1) Orientasi masalah menuju aplikasi konsep yang dipelajari pada konteks teknologi; (2) Menyiapkan konsep dasar mahasiswa: defisini istilah, maching, makna fisis persamaan, dan simulasi PhET; (3) Membangun kemampuan berargumentasi melalui elaborasi konsep; (4) Penerapan konsep dalam pemecahan masalah secara terstruktur (desain/menganalisis data); (5) Mengkomunikasikan hasil kinerja peserta didik untuk mendapatkan umpan balik; dan (6) Membimbing belajar lebih mandiri dan bermakna.

Model pembelajaran GISTEM dapat memfasilitasi peserta didik untuk belajar lebih mandiri untuk menyiapkan keterampilan abad 21 peserta didik yang berkaitan dengan creative and critical thingking, problem-solving, dan collaboration. Model pembelajaran GISTEM dapat mempasilitasi peserta didik untuk belajar menyelesaikan masalah dari konsep dasar menuju konsep yang lebih kompleks dengan pendekatan disiplin STEM yang berkonsekuensi melatih literasi STEM peserta didik dalam menyelesaikan masalah.

ISBN: 978-623-8070-67-1

Downloads

Published

2023-01-18

How to Cite

Nasir , M., Cari, Sunarno, W., & Rahmawati, F. (2023). MODEL PEMBELAJARAN GISTEM Guided Inquiry Science, Technology, Engineering, And Mathematics Dalam Pembelajaran Fisika. Penerbit Tahta Media. Retrieved from http://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/609

Issue

Section

Katalog Buku