MICRO TEACHING

Authors

  • Meyny S.C. Kaunang

Keywords:

MICRO, TEACHING

Abstract

Pembelajaran adalah inti dari aktivitas pendidikan. Proses belajar mengajar, yang saat ini lebih dikenal dengan istilah  pembelajaran, menjadi salah satu aspek utama penentu kualitas pendidikan. Dalam konteks ini, guru memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajran. Guru berperan sebagai infomator (sumber informasi), organisator (pengelola kegiatan mengajar), motivator (pemberi dorongan kepada peserta didik), director (pengarah kegiatan belajar peserta didik), inisiator (pencetus ide-ide dalam proses pembelajaran), transmitter (penyebar kebijaksanaan pendidikan, fasilitator (memberi kemudahan dalam belajar), mediator (penengah dalam kegiatan pembelajaran), dan evaluator (penilai hasil belajar peserta didik).

Pada umumnya guru tidak dilahirkan tetapi dibentuk terlebih dahulu melalui proses pembelajaran dan latihan. Pembelajaran mikro atau yang lebih dikenal dengan micro teaching merupakan suatu teknik atau metode latihan yang dirancang untuk pengembangan keterampilan mengajar calon guru/guru. Pengajaran mikro sangat berguna dalam praktek keguruan, tidak saja dalam program preservice tapi juga dalam program in service, dimana diselenggarakan dalam rangka memacu profesionalitas guru/ calon guru.

ISBN: 978-623-147-731-6

Downloads

Published

2025-02-06

How to Cite

S.C. Kaunang, M. (2025). MICRO TEACHING. Penerbit Tahta Media. Retrieved from http://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/1283

Issue

Section

Katalog Buku