MICRO TEACHING
Keywords:
MICRO, TEACHINGAbstract
Pembelajaran adalah inti dari aktivitas pendidikan. Proses belajar mengajar, yang saat ini lebih dikenal dengan istilah pembelajaran, menjadi salah satu aspek utama penentu kualitas pendidikan. Dalam konteks ini, guru memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajran. Guru berperan sebagai infomator (sumber informasi), organisator (pengelola kegiatan mengajar), motivator (pemberi dorongan kepada peserta didik), director (pengarah kegiatan belajar peserta didik), inisiator (pencetus ide-ide dalam proses pembelajaran), transmitter (penyebar kebijaksanaan pendidikan, fasilitator (memberi kemudahan dalam belajar), mediator (penengah dalam kegiatan pembelajaran), dan evaluator (penilai hasil belajar peserta didik).
Pada umumnya guru tidak dilahirkan tetapi dibentuk terlebih dahulu melalui proses pembelajaran dan latihan. Pembelajaran mikro atau yang lebih dikenal dengan micro teaching merupakan suatu teknik atau metode latihan yang dirancang untuk pengembangan keterampilan mengajar calon guru/guru. Pengajaran mikro sangat berguna dalam praktek keguruan, tidak saja dalam program preservice tapi juga dalam program in service, dimana diselenggarakan dalam rangka memacu profesionalitas guru/ calon guru.
ISBN: 978-623-147-731-6

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Meyny S.C. Kaunang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.