PERAN DIGITALISASI MARKETING TERHADAP DAYA SAING PADA USAHA MICRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) PRODUKSI TAHU
Keywords:
Digitalisasi; Marketing; UMKMAbstract
Peran digitalisasi sangat penting bagi pemilik UMKM dalam menentukan strategi pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan yang menentukan daya saing UMKM. Indikator yang menentukan daya saing suatu perusahaan adalah peningkatan volume penjualan. Sebagian besar UMKM Produksi Tahu di Desa Purwogondo, Kartasura Kabupaten Sukoharjo kesulitan mendapatkan informasi tentang teknologi digital pemasaran yang tepat karena UMKM tidak memiliki keterampilan di bidang teknologi informasi yang dinamis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana digital marketing mempengaruhi volume penjualan UMKM Tahu di Desa Purwogondo Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan regresi linier sederhana untuk menguji pengaruh pemasaran digital terhadap volume penjualan UMKM tahu di Purwogondo Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa digital marketing berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan UMKM Produksi tahu.
References
Amah, Nik. 2013. Bank Syariah dan UMKM Dalam Menggerakkan ROda Perekonomian Indonesia: Suatu Kajian Literatur. ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, Volume 2, Nomor 1.
Setyanto, Alief Rakhman., Samodra, Bhimo Rizky.m dan Pratama, Yogi Pasca. 2015. Kajian Strategi Pemberdayaan UMKM dalam Menghadapi Perdagangan Bebas Kawasan ASEAN (Studi Kasus Kampung Batik Laweyan). Jurnal Etikonomi, Volume 14(2).
Stelzner, M. (2012, April). How Marketers are Using Social Media to Grow Their Business
Undang – Undang No. 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah
Wardhana, A. (2015). Strategi Digital marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia.